Persilakan klien Anda mendaftar untuk mendapatkan penawaran eksklusif dari Anda.

E-mail  

 

 

MEMBANGUN  KELUARGA  HARMONIS

          ..

Membangun Keluarga HarmoniS

 

Dengan 100 Kata Berhuruf-Awal 'S'

 

 

 

 

 

30 TIPS MENUJU  KELUARGA YANG MESRA

 

 

      Suami - Istri satu sama lainnya, hendaklah :

 1.  Sopan dalam bersikap dan sopan dalam berucap.  

 2.  Ucapan kata sorry kalau terlanjur berbuat kesalahan.

 3 . Memberi sokongan atas perjuangan pasangan.

 4.  Bersikap solider terhadap keluarga pasangan.

 5.  Memperlihatkan jiwa sosial dalam bermasyarakat.

 6.  Bersikap terbuka degan mensingkap rahasia pribadi.

 7.  Mensimpan rapat segala rahasia pribadi pasangan.

 8.  Singkirkan segala yang menimbulkan rasa cemburu.

 9.  Sediakan dana siaga untuk keperluan mendadak .

10. Raihlah simpati mertua, dengan menjaga sikap.

11. Jagalah kerapian keluarga dengan mensisir rambut.

12. Sibukkan diri dengan berbagai kegiatan positif.

13. Melakukan siraman rohani dengan ceramah agama.

14. Perluas hubungan silaturahmi dengan  tetangga.

15. Perlu sepakat bersama saat melakukan hal serius. 

16. Sesuaikan diri dengan kondisi dan watak pasangan. 

17  Kedua belah pihak perlu menselami hati pasangan     

18. Biasakan memakai gaya hidup yang sederhana.

19. Laksanakan pekerjaan dengan cara yang seksama.

20. Melaksanakan segala kegiatan dengan semangat. 

21. Rajin melakukan sembahyang agar pikiran jadi sejuk.

22. Lakukan selingan untuk menghindarkan kesuntukan.

23. Rajin melakukan senam demi menyehatkan badan 

24. Mendekatkan diri pada Tuhan agar jadi orang saleh.   

25. Minta saran dulu saat akan melakukan hal penting.

26. Rajin memegang sapu agar rumah selalu bersih.

27. Melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh.

28. Susun kegiatan dengan membuat jadwal kerja.

29. Sugesti diri bahwa kita memang sudah bahagia.  

30. Stop melakukan apapun yang menjengkelkan.

.     

                 

 

1. SOPAN

 

 

  Dalam pergaulan sehari-hari, suami-istri hendaklah memperlihatkan sikap sopan satu sama lain. Sopan dalam bersikap dan sopan  dalam berbicara. Istri hendaklah senantiasa memperlakukan suami dengan sikap yang sopan, tak terkecuali kalau dia punya banyak kekurangan, walau penghasilannya lebih rendah atau walau usianya lebih muda.

 

     Sukses sebagai wanita karir dengan penghasilan atau jabatan yang lebih tinggi jangan menimbulkan sikap merendahkan suami. Biar bagaimanapun sebagai kepala keluarga, suami tetap harus dihargai dan dihormati. Jangan lupa kacang pada kulitnya.

 

     Suami juga hendaklah memperlakukan istri dengan sopan. Saat menyuruh istri, hendaklah dengan gaya yang cukup sopan. Walau segala kebutuhan istri ditanggung, bukan berarti suami boleh memperlakukan istri sekehendak hati. Seorang istri juga manusia biasa yang punya harga diri.

 

     Jangan lecehkan pasangan dengan sikap yang kurang sopan, kapanpun dan dimanapun. Sikap tidak sopan hanya akan akan menyakiti perasaan, sehingga akan mengganggu keharmonisan keluarga.

 

 

 

2. SORRY

 

 

    Dalam berumah tangga penting sekali sikap saling memaafkan. Kalau terlanjur berbuat salah ringankan hati untuk minta maaf. Ucapkan kata ‘sorry’ atau maaf, sekalipun hanya melakukan kesalahan ringan. Dan kalau pasangan minta maaf atas kesalahan yang dilakukannya, ringankan hati untuk memaafkan.

 

   Sorry adalah kata lain dari maaf. Dengan saling memaafkan, dapat dihindarkan terjadinya pertengkaran. Ringankanlah hati untuk minta maaf dan lapangkan dada untuk memaafkan pasangan apabila dia minta maaf. Dunia akan terasa lapang kalau kita suka berlapang dada. Dan dunia akan terasa sempit bagi orang hatinya sempit. Kesalahan kecil pasangan tak perlu dibesar-besarkan. Dan kesalahan besarnya anggaplah sebagai kesalahan kecil.

 

      Minta duit cukup sekali-sekali, tapi minta maaf boleh setiap hari. Apa beratnya mengakui kesalahan yang telah diperbuat dan segera minta maaf, kalau itu akan menenangkan suasana ?. Dan apa salahnya memaafkan kesalahan pasangan ?. Memendam rasa dendam dalam hati hanya akan merugikan kedua belah pihak. Ucapkanlah kata ‘sorry deh mas’ agar situasi tidak memanas. 

 

 

 

3. SOKONG

 

 

    Dibalik kesuksesan seorang pria, selalu ada wanita bijaksana yang memberi sokongan atau dukungan moril. Sokongan istri besar artinya bagi peningkatan usaha dan karir suami. Bangkitkan semangat suami dengan ikut memberi sokongan atas perjuangannya. Sokongan itu akan menguatkan semangat juangnya dalam mengatasi segala bentuk rintangan.

 

   Setiap orang yang sedang berjuang, memerlukan sokongan dari orang terdekatnya. Istri hendaklah memberi sokongan penuh atas perjuangan suami, selama jenis usaha atau cara mencapainya di jalur yang benar. Sebaliknya, suami hendaklah ikut memberi sokongan atas usaha istri dalam peningkatan karir atau pengembangan bakat atau hobinya.

 

     Perlihatkan sokongan dengan cara memberi perhatian dan saran-saran. Menjaga pikiran pasangan agar tetap tentram juga merupakan salah satu bentuk sokongan. Untuk itu, hindarkan tingkah atau permintaan yang dapat membebani pikiran suami. Kalau segala urusan keluarga dapat diselesaikan istri dan tidak lagi membebani pikiran suami, niscaya suami dapat berpikir lebih maksimal mengurus usaha atau karirnya.

 

 

 

4. SOLIDER

 

 

 

    Sebagai bahagian dari keluarga besar mertua, seorang menantu hendaklah bisa memperlihatkan sikap solider. Rasa solider itu diperlihatkan dengan ikut peduli terhadap kesulitan atau masalah yang sedang mereka hadapi. Perlihatkan rasa peduli dengan ikut serta menyumbangkan sesuatu ketika mereka sedang butuh bantuan. Mungkin sumbangan dana ataupun sumbangan tenaga. Minimal, kerelaan atas ikut-sertanya suami atau istri memberikan pertolongan

.

     Tunjukkan rasa solider dengan ikut prihatin terhadap masalah yang sedang mereka hadapi. Jangan justru sebal atau protes kalau pasangan memberikan sebahagian pendapatannya untuk membantu saudaranya yang sedang dalam kesulitan.

 

      Keakraban dengan mertua, memberi pengaruh positif bagi keharmonisan suami-istri.  Menantu yang solider, akan menimbulkan simpati dan akan lebih disayang. Sebaliknya, sikap kurang solider atau sombong, tentu akan menimbulkan rasa benci mereka. Sikap solider itu akan mempengaruhi rasa sayang pasangan. Pandanglah mertua sebagai keluarga sendiri yang harus dibantu saat mereka sedang butuh.

 

 

 

5. SOSIAL

 

 

   Saat keluarga kita butuh bantuan mendadak, yang akan cepat memberi bantuan bukanlah saudara kandung tersayang yang berada di negeri seberang. Namun, yang bisa memberi bantuan dengan segera  tentulah tetangga di sekitar rumah. Tapi, bantuan tetangga itu hanya bisa didapat kalau sebelumnya telah terjalin hubungan sosial yang akrab.

 

   Sosial berarti hal ihwal tentang kemasyarakatan. Berjiwa sosial berarti membaur dan mau memberi bantuan pada masyarakat sekitar. Dengan terbinanya hubungan sosial dengan para tetangga niscaya saat keluarga butuh bantuan mendadak nantinya, mereka akan cepat memberi pertolongan.

 

I   stri adalah ujung tombak untuk menjalin hubungan sosial dengan tetangga. Tingkatkanlah jiwa sosial dengan mengikuti kegiatan sosial atau saling kunjung mengunjungi dengan tetangga. Kalau kita pandai bermasyarakat, niscaya tetangga dekat bisa lebih bermanfaat dibandingkan dengan saudara dekat yang tempat tinggalnya jauh di seberang sana. Berbaurlah dengan masyarakat sekitar demi ketentraman keluarga nantinya.

 

 

 

6. SINGKAP

 

 

    Buka-bukaan antara suami istri adalah hal yang lumrah. Kedua belah pihak juga hendaklah mau buka-bukaan dalam hal rahasia pribadi. Kata lain dari buka-bukaan adalah singkap. Segala rahasia pribadi diri sendiri selayaknya disingkap pada pasangan. Dengan saling menyingkap, niscaya akan timbul rasa saling pengertian.

 

    Masa lalu yang indah ataupun yang pahit tak ada salahnya disingkapkan pada pasangan. Begitu juga dengan masa lalu yang buruk, yang menyedihkan ataupun yang menggelikan, semuanya perlu diketahui pendamping hidup. Tak terkecuali dengan sejarah hidup masa kecil. Yang tidak boleh disingkap hanyalah rahasia pribadi yang terkait dengan rahasia ayah-ibu atau sanak saudara.        

 

   Kenapa harus malu menyingkap rahasia pribadi, bukankah  suami atau istri berhak mengetahui rahasia pribadi pendamping hidupnya ?. Dengan menyingkap rahasia pribadi, niscaya pasangan bisa memaklumi segala kekurangan atau kelemahan diri. Biarlah pasangan tahu segalanya agar dia lebih mengerti dan pengertian, sehingga hatinya jauh dari sikap sinis dan kesalah-pahaman.

 

 

 

7.  SIMPAN

 

 

      Dalam hal rahasia pribadi, suami-istri harusnya mau buka-bukaan. Tapi setelah rahasia pribadi pasangan diketahui, rahasia itu hendaklah disimpan serapat-rapatnya. Jangan pernah manyebarkan rahasia pribadi pasangan pada siapapun walau pada orang tua sendiri atau pada saudara-saudari.

 

      Siapapun tak ingin rahasia pribadinya diketahui orang banyak. Karena itu, jadikanlah rahasia pasangan sebagai rahasia pribadi yang harus disimpan rapat. Dalam keadaan jengkelpun tetaplah bertahan untuk menyimpan rapat. Jangan buka rahasia pasangan sebagai pelampiasan rasa kesal. Kalau rahasia pasangan diketahui orang, istri atau suami tentu ikut menanggung malu.

 

      Berhati-hatilah bicara saat bercanda atau bergosip ria. Jangan keceplosan menyebarkan rahasia pribadi pasangan. Membalas rasa jengkel dengan dengan membuka rahasia pribadinya adalah sikap yang sangat tidak dewasa. Lebih baik diam, daripada berbicara tanpa arah. Jangan sampai terpancing membongkar rahasia keluarga saat bercanda ria dengan siapa saja. Tak pandai menyimpan rahasia, bisa memicu terjadinya pertengkaran.

 

 

 

8. SINGKIRKAN

 

 

 

   Apabila seseorang telah berkeluarga, sudah semestinya menyingkirkan kenangan masa lalunya bersama dengan mantan pacar. Baik itu berupa photo bersama ataupun hadiah kenangan.

 

     Menyimpan benda kenangan dengan mantan pacar hanya akan memicu pertengkaran karena pasangan akan jadi cemburu dan curiga. Apalagi kalau mantan pacar itu punya banyak kelebihan. Hanya satu pengecualian, yaitu kalau mantan pacar itu adalah orang yang kini menjadi suami atau istri kita.

 

     Seindah apapun kenangan masa pacaran tak perlu lagi dikenang karena akan mengganggu ketentraman rumah-tangga. Lebih baik segala kenangan itu dibakar saja. Menyingkirkan segala kenangan itu, berarti menyingkirkan salah satu pemicu pertengkaran.

 

       Rasa cinta pada mantan pacarpun tentu harus dikikis habis dari hati sanubari. Membandingkan pribadi dan kondisi pasangan dengan mantan pacar yang punya banyak kelebihan hanya akan menimbulkan sikap sinis. Singkirkan segera kalimat hayalan “seandainya……..”, yang terkait dengan mantan pacar dari pikiran.

 

 

 

9. SIMPATI

 

 

       Mertua, akan jadi perekat keharmonisan suami-isteri, kalau menantu bisa mendapatkan simpati mertua. Sebaliknya, mertua juga bisa menjadi penyebab keretakan rumah tangga kalau menantu sering berbuat hal yang tak disukai mertua.

 

      Istri perlu berusaha mendapat simpati mertua dengan cara melakukan hal-hal yang disenanginya. Perlihatkanlah sikap yang disukainya dan hindarkanlah hal-hal yang membuat hatinya jadi jengkel atau antipati. Suami tentu senang melihat ibundanya cukup akrab dengan isterinya. Apalagi kalau kata pujian sering terlontar dari mulut si ibu tentang menantunya. Rasa sayang dan cinta suami akan makin dalam kalau istri bisa mendapatkan simpati mertua.

 

     Menantu yang baik akan selalu bersikap baik terhadap mertua sekalipun mertua sering bersikap menjengkelkan. Kurang harmonisnya hubungan isteri dan ibundanya, akan membebani pikiran suami. Bagaimana sikap terhadap ayah-bunda, begitu juga hendaknya sikap terhadap mertua. Rebutlah simpati mertua dengan selalu bersikap ramah dan sering mengajaknya ngobrol tentang ihwal yang menarik hatinya. Atau sering membikin masakan kesukaannya.

 

 

 

10. SIBUK

 

 

     Kebahagiaan akan dirasakan justru dalam kesibukan, bukan dalam saat bermalas-malasan. Dalam keadaan sibuk, jiwa akan jauh dari kegelisahan atau rasa suntuk. Menyibukkan diri, lebih baik bagi ibu rumah tangga daripada memanjakan diri dengan tak melakukan apa-apa dalam waktu yang lama.

 

   Membiarkan diri bermalas-malasan akan membuat pikiran jadi suntuk. Demi adanya kesibukan, lakukan sendiri sebahagian tugas rumahtangga, jangan semuanya diserahkan pada pembantu.   Disamping tugas rutin, ada banyak kegiatan lain yang dapat dilakukan ibu rumah tangga. Pilihlah kegiatan yang positif dan produktif. Yang penting, sesuai dengan kondisi ekonomi dan  direstui suami. Kesibukan yang bernilai ekonomi, akan meningkatkan kebahagiaan karena juga meningkatkan peghasilan keluarga.

 

     Kesibukan, akan menyehatkan jiwa dan raga. Isilah hari-hari dengan kegiatan yang positif sejak pagi hingga malam hari. Kemalasan hanya akan menyebabkan jiwa dan raga jadi kurang sehat. Memanjakan diri dengan menonton sinetron terus-terusan, pada akhirnya akan menimbulkan rasa bosan. Hal itu akan mempengaruhi emosi sehingga rasa bahagia enggan bersemi di hati.

 

 

 

 11. SISIR

 

 

   Sebagai alat perapi rambut, sisir adalah lambang kerapian. Istri atau suami hendaklah suka memakai sisir atau alat merapikan lainnya untuk memperbagus penampilan. Penampilan yang rapi akan membuat orang sekitar jadi tenang dan senang.

 

    Jangan biarkan rambut acak-acakan saat suami sampai di rumah. Apalagi kalau pakaianpun ikut belepotan atau suasana rumah yang berantakan. Ketidakrapian akan menyebabkan ketidaknyamanan. Hal itu akan menjauhkan keluarga dari ketentraman atau keharmonisan.

 

      Kerapian akan membuat pikiran jadi jernih dan terang. Biarlah wajah tak terlalu cantik, biarlah rumah tak terlalu bagus, yang penting adalah penampilan yang rapi dan pantas. Tampang yang rapi akan membuat pasangan jadi senang mendekat. Rumah yang rapi akan membuat suami jadi lebih betah di rumah.

 

       Suamipun hendaklah rajin merapikan diri. Kerapian membuat wajah yang ganteng jadi lebih gagah. Istri tentu lebih bahagia kalau suaminya selalu terlihat rapi. Dengan demikian dia akan lebih senang dan semangat dalam melayani.

 

 

 

12. SILATURAHMI

 

 

      Baiknya silaturahmi dengan mertua atau saudara ipar sangat berpengaruh pada ketentraman keluarga. Mertua atau saudara ipar akan jadi perekat keharmonisan suami-istri kalau silaturahmi dengan mereka cukup baik. Sebaliknya, juga bisa jadi pengganggu keharmonisan keluarga kalau hubungan silaturahmi dengan mereka kurang baik.

 

      Silaturahmi berarti hubungan bathin antar pribadi. Banyak yang bisa dilakukan untuk meningkatkan silaturahmi dengan keluarga pasangan, salah satunya adalah dengan saling mengunjungi. Luangkan waktu untuk mengunjungi mereka saat ada acara tertentu. Dan ketika mertua atau saudara ipar berkunjung ke rumah, ladenilah dengan sebaik-baiknya. Meningkatkan silaturahmi juga dapat dilakukan dengan media telepon.

 

     Silaturahmi dengan keluarga pasangan kalau selalu dijaga akan membuat rumah tangga lebih tentram dan tenang. Perlihatkan sikap yang manis pada mereka demi mendapatkan simpati mereka. Mertua hendaknya dilayani sebagaimana orangtua kandung. Dan saudara ipar hendaklah diladeni dan dihargai sebagaimana mestinya.

 

 

 

13.  SIAGA

 

 

    Sikap siaga terhadap kemungkinan buruk nantinya, penting artinya bagi ketentraman keluarga. Belanja bulanan, jangan habiskan seluruhnya, tapi sisihkanlah beberapa persen untuk ditabungkan sebagai dana siaga. Dana siaga akan membuat keluarga lebih tenang menghadapi masa depan.

 

    Semua pasti bisa menabung, kalau mau berhemat dan mengendalikan selera. Dengan adanya dana siaga, tak perlu panik lagi nantinya saat muncul masalah yang membutuhkan dana segar.

 

     Walau penghasilan keluarga pas-pasan, tetap masih bisa menabung kalau ada keinginan untuk itu. Yang penting, bijaksana dalam mengatur keuangan. Biarlah gaya hidup sederhana asalkan masa depan lebih tentram. Pertimbangkan dulu saat akan membeli sesuatu, apakah betul-betul dibutuhkan ?. Dan apakah harganya yang sesuai dengan kondisi keuangan?

 

     Sikap siaga di segi kesehatan juga perlu diterapkan. Sediakan kotak P3K di rumah untuk menanggulangi kecelakaan yang dapat saja terjadi setiap saat. Hal itu akan menghindarkan keluarga dari kepanikan saat ada yang sakit atau kecelakaan nantinya. Sedia payung sebelum hujan.

 

 

 

14. SIRAM

 

 

    Ketika pikiran sedang tegang atau rada panas, itu berarti sudah saatnya malakukan siraman rohani. Ajaklah pasangan untuk rajin mendengarkan acara siraman rohani. Atau sebaliknya, ikutilah pasangan mengajak mengikuti acara yang bersifat keagamaan agar kebahagiaan lebih mantap. Sejukkan jiwa dan sejukkan pikiran yang sedang panas dengan siraman rohani agar suasana keluarga kembali sejuk.

 

   Siramlah rohani dengan mendengarkan ceramah agama. Mungkin dengan mendengar acara keagamaan di radio atau televisi. Atau mendengar ceramah agama di mesjid atau tempat ibadah lainnya. Siraman rohani dapat juga dengan membaca buku ataupun artikel di majalah keagamaan. Sisihkan waktu untuk siraman rohani beberapa puluh menit dalam sehari atau beberapa jam dalam seminggu.

 

    Jangan biarkan jiwa jadi kering dan gersang. Rohani yang tak pernah disiram dengan ajaran agama, akan mudah panas atau terbakar oleh api emosi. Pikiranpun akan mudah tegang atau stress. Kalau emosi sudah bergejolak di hati niscaya pertengkaran akan mudah terpicu.

 

 


15. SESUAIKAN

 

 

       Perkawinan adalah bersatunya dua pribadi yang satu sama lainnya banyak perbedaan. Mulai dari perbedaan sifat, latar belakang, adat-istiadat bahkan mungkin saja beda agama. Karena banyaknya perbedaan, kedua belah pihak hendaklah mau ‘mensesuaikan’ diri dengan karakter pasangan. Dengan menyesuaikan diri, niscaya keluarga akan terjauh dari pertengkaran.

 

    Bagaimana kepribadian istri, mempengaruhi penilaian orang terhadap suami. Sebagai pendamping hidup, istri hendaklah menyesuaikan diri dengan kondisi dan posisi suami. Gaya hidup dan penampilan juga disesuaikan dengan jabatan suami. Selera dan keinginanpun disesuaikan dengan kondisi keuangan.

 

      Kalau suami seorang pemimpin atau punya jabatan cukup terhormat, istri hendaklah bisa memperlihatkan sikap santun dan kesan keibuan. Sebagai pendamping, haruslah menjaga penampilan dan tindak tanduk dari segala yang tidak pantas. Status suami yang orang terhormat, mesti diimbangi dengan sifat atau sikap yang terpuji pula. Hindari perilaku atau penampilan yang kurang etis supaya wibawa suami tidak jatuh di mata bawahannya.

 

 

 

16. SEPAKAT

 

 

      Keluarga adalah bersatunya dua insan berlainan jenis yang saling membutuhkan. Suami istri, sama-sama berperan penting dalam mengarahkan biduk rumahtangga. Karena itu, penting adanya kesepakatan bersama dalam keluarga.

 

    Sebagai nakhoda dalam biduk rumah tangga, suami perlu tahu segala yang terjadi dalam keluarga. Sebelum melakukan sesuatu yang penting, istri hendaknya memberi tahu suami. Perlu adanya kata sepakat ketika akan melakukan sesuatu yang serius dan berisiko. Kesepakatan suami penting artinya dalam memelihara ketenteraman keluarga.     

 

      Memberi tahu apa yang telah dan akan terjadi dalam keluarga merupakan salah satu cara untuk menghargai suami sebagai kepala keluarga. Minta izin dulu pada suami sebelum melakukan perbuatan yang serius. Jangan lakukan kalau suami belum sepakat atau keberatan. Kata sepakat penting artinya bagi keharmonisan keluarga. Melakukan sesuatu tanpa kesepakatan, bisa memancing kejengkelan atau kemarahan. Suamipun perlu memberitahu istri saat akan malakukan hal penting dalam keluarga.

 

 

 

 

17. SELAMI

 

 

 

     Kata selam disini tidak terkait dengan air, namun terkait dengan hati. Menyelami hati maksudnya menyelidiki isi hati sanubari serta kecendrungan jiwa pasangan. Istri atau suami perlu menyelami isi hati pasangan agar lebih mengerti dengan sifat-sifatnya.

 

   Selamilah hati pasangan dengan banyak bertanya tentang isi hati dan uneg-unegnya. Pancinglah dia untuk mengeluarkan pendapatnya tentang apa yang terjadi dalam keluarga. Dengarkan dengan baik keluhan yang sedang berkecamuk di hatinya. Jadilah sebagai pendengar yang baik saat pasangan bercerita panjang tentang masa lalunya. Atau saat dia menceritakan ihwal pekerjaannya dengan segala suka-dukanya.

 

      Menyelami hati pasangan bisa juga dengan bertanya pada orang dekatnya. Mengetahui sifat dan isi hati pasangan luar dan dalam, akan meningkatkan rasa pengertian dan tenggang rasa dalam menghadapi tindak tanduk dan sikapnya. Ada baiknya mengetahui seluas-luasnya sejarah hidup pasangan dan masa lalunya. Di saat-saat asyik bicara pancinglah pasangan menceritakan pengalaman waktu kecilnya. Baik itu pengalaman manis maupun pengalaman penuh tangis.

       

 

 

 

18. SEDERHANA

 

 

 

   Masalah keuangan, sering menjadi penyebab   pertengkaran dalam keluarga. Namun tidak semua masalah keuangan itu disebabkan kecilnya pendapatan. Namun, lebih banyak karena pengaturan keuangan yang kurang bijaksana. Masalah keuangan dalam keluarga dapat dijauhkan dengan memakai gaya hidup sederhana. Maksudnya, menyesuaikan selera dengan kemampuan ekonomi dan menyesuaikan pengeluaran dengan tingkat penghasilan. Bayang-bayang hendaklah sesuai dengan ukuran badan.

 

    Secara umum, gaya hidup sederhana berarti memakai standar hidup orang yang penghasilannya setara atau setingkat lebih rendah. Selera dan gaya disesuaikan dengan kondisi ekonomi saat ini, bukan dengan kondisi ekonomi beberapa tahun yang lalu. Ketika ekonomi sedang sulit, jangan pakai gaya hidup orang dari kalangan elite.

 

       Sederhana, erat kaitannya dengan sikap hemat. Apa yang dibeli hendaknya apa yang memang dibutuhkan. Hindarkan berbelanja hanya karena tuntutan selera atau untuk kebanggaan. Buat apa penampilan wah !, kalau menyebabkan jiwa jadi resah.

 

 

 

 

19. SEKSAMA

 

 

 

     Seksama adalah kata lain dari kata teliti. Tak ada kaitannya dengan masalah seks. Seksama berarti sikap hati-hati dalam menghadapi pekerjaan. Cara kerja yang seksama mengutamakan keselamatan dan kesempurnaan hasil kerja. Biar lambat asal selamat.

 

     Cara kerja yang seksama membuat hasil kerja jadi lebih baik dan memuaskan. Lakukan pekerjaan dengan cara seksama walau penyelesaiannya jadi agak lama. Itu lebih baik daripada tergesa-gesa tapi hasil kerja bikin kecewa nantinya. 

      Sikap seksama penting artinya dalam membaca surat berharga atau yang berkait dengan barang berharga. Baca dulu dengan seksama keterangan yang ada. Jangan cepat tergoda dengan tawaran yang katanya bikin untung, tapi justru bisa bikin buntung. Jadilah orang yang senantiasa teliti, hati-hati dan bekerja dengan sepenuh hati.

 

    Kesalahan dalam menghitung bisa menimbulkan kesalah-pahaman yang berujung pada pertengkaran. Baca atau hitunglah dengan seksama lebih dahulu agar terhindar dari kesalahan yang berakibat kerugian atau kehilangan. Kecerobohan bisa mennyebabkan berbagai masalah nantinya.

 

 

 

 

20. SEMANGAT

 

 

     Hidup ini harus dihadapi dengan penuh semangat. Bangun tidur di pagi hari, bangkitlah dari ranjang dengan hati riang. Sambutlah mentari siang dengan hati senang, tak terkecuali kalau cahayanya sedang mendung. Selanjutnya, lakukan tugas rutin dengan penuh semangat.

 

    Pekerjaan rumah tangga, anggaplah sebagai pekerjaan yang menyenangkan, dan lakukanlah dengan penuh semangat. Jangan hadapi dengan hati berat atau malas-malasan. Tugas-tugas di dapur, sumur atau kamar tidur, laksanakanlah dengan penuh gairah. Niscaya, kebahagiaan bersama akan lebih mudah tertanam di hati. Isteri hendaklah bisa meningkatkan semangat hidup suami dan mendorong semangat juangnya dalam mengejar kesuksesan. Sokongan istri akan membuat pikiran suami jadi lebih cerdas. Doronglah suami untuk bekerja lebih giat dan berjuang lebih gigih.

 

    Hidup harus dihadapi dengan penuh gembira walau kondisi ekonomi kurang menggembirakan. Perlihatkan semangat hidup dengan wajah yang berseri. Dalam kesedihanpun semangat hidup harus tetap tinggi. Jangan biarkan rasa putus asa bersinggasana di hati.

 

 

 

21. SEMBAHYANG

 

 

 

     Sembahyang berarti menyembah Tuhan. Dalam arti yang lebih luas, sembahyang berarti mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Kuasa dengan cara berdo’a, berzikir dan beribadat sesuai dengan ajaran agama. Karena merupakan pendekatan diri pada Tuhan, sembahyang adalah cara yang paling tepat untuk menjauhkan ketegangan jiwa

 

      Hakikat sembahyang adalah berdo’a dengan didahului oleh sikap merendahkan diri di hadapan Tuhan Yang Maha Kuasa. Berdo’alah kepada Tuhan agar keluarga senantiasa dinaungi sinar kebahagiaan dan ketentraman. Dan dijauhi dari berbagai persoalan rumah tangga. Segala ikhtiar memang perlu dilengkapi dengan do’a. Do’akan suami, semoga dia bisa sukses dalam usaha atau karirnya. Do’akan istri, semoga dia bijaksana dalam menghadapi persoalan rumahtangga. Semoga Tuhan Yang Maha Penyayang mengabulkan segala do’a kita.

 

    Sembahyang, akan membuat jiwa lebih tentram dan bahagia. Pikiran akan lebih terarah kepada yang baik-baik. Kesabaran akan lebih mantap tertanam di hati sehingga pertengkaran akan jarang terjadi.

 

 

 

 

22. SELINGAN

 

 

    Selingan maksudnya adalah kegiatan yang dilakukan di sela-sela kegiatan rutin demi mengusir rasa bosan dan suntuk. Ibu rumah tangga perlu melakukan kegiatan yang bersifat selingan demi menghilangkan kejenuhan.

 

    Selingan biasanya berupa kegiatan menghibur diri ataupun kegiatan olahraga. Ada banyak kegiatan selingan yang biasa dilakukan ibu rumah tangga. Misalnya, kegiatan di PKK atau kegiatan olahraga berkelompok. Pilihlah selingan yang bersifat positif dan sesuai dengan kondisi dan situasi. Namun, jangan sampai keseringan hingga mengganggu tugas wajib.

 

   Di segi makanan, perlu juga adanya selingan untuk menghindarkan rasa bosan.  Apa yang dikecap lidah perlu juga diselingi dengan rasa baru, supaya pikiran jadi lebih segar. Mungkin itu berupa makanan jenis lain atau masakan dari daerah lain ataupun negara lain.

 

     Selingan juga perlu dalam kegiatan kemesraan. Sekali-sekali, tak ada salahnya mencoba gaya yang berbeda dari biasanya. Atau melakukannya di lokasi lain. Yaa, demi menghindarkan kebosanan. Namun, selingan itu haruslah tetap dalam kewajaran dan masih sesuai dengan norma agama.

 

 

 

 

 23. SENAM

 

 

 

    Dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat. Menjaga kesehatan dengan berolah-raga senam, akan membuat tubuh dan jiwa makin sehat. Bersenam secara teratur, akan membuat tubuh  lebih segar dan seksi. Gairah hiduppun akan lebih meningkat, begitu juga dengan gairah kemesraan. Dengan demikian, pasangan akan lebih terpuaskan.

 

     Senam adalah kegiatan bersifat olahraga yang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan kemesraan. Ada banyak jenis senam yang bisa dilakukan. Mulai dari senam aerobic, senam yoga, senam kegel senam berpasangan dan banyak lagi. Pelajarilah salah-satunya dan jadikanlah sebagai suatu keharusan. Luangkan waktu dan sisihkan dana untuk kegiatan senam ria yang menyehatkan jiwa dan raga.

 

     Disamping bertujuan olahraga dan kesehatan, kegiatan bersenam juga bisa meningkatkan keharmonisan rumah-tangga. Senam ria yang dilakukan beberapa puluh menit dalam sehari, akan membuat hati jadi riang. Dan akan membuat diri lebih bergairah sekaligus menggairahkan di mata pasangan. Dengan demikian, rasa sayang dan cinta pasangan tentu akan lebih langgeng.

 

 

 

24. SALEH

 

 

 

     Saleh atau salehah adalah sebutan bagi orang yang mematuhi segala aturan Tuhan yang Maha Esa dan rajin beribadat kepadaNya. Bagi orang yang saleh, Tuhan menjanjikan surga akhirat yang kenikmatannya berlipat ganda dibandingkan dengan surga dunia.

 

     Rahmat Tuhan, syukurilah dengan menjadi orang saleh. Dengan demikian, kebahagiaan akan abadi dirasakan. Surga dunia akan berlanjut dengan surga akhirat. Kebahagiaan akan lebih mantap terasa, pikiranpun akan lebih jernih dan stabil.       

 

  Namun, kalau nasib kurang mujur yang karena kemiskinan tidak merasakan surga dunia, tetaplah menjadi manusia saleh. Biarlah surga dunia tidak diperoleh asalkan surga akhirat yang jauh lebih nikmat bisa didapat. Betapa rugi hidup kalau di dunia, surga  tidak didapat, di akhiratpun justru jadi warga neraka.

 

   Suatu keluarga cendrung akan harmonis dan bahagia kalau anggotanya adalah orang-orang yang saleh. Pertengkaranpun jarang terjadi karena pikiran tak terlalu terpengaruh dengan hal keduniaan. Bagi Manusia saleh, Tuhan akan memberi ketentraman hati sebagai ganjaran atas kesalehannya. Di hatinya sudah terbayang surga akhirat yang dijanjikan.

 

 

 

25. SARAN

 

 

    Sebelum melakukan langkah yang serius dan beresiko, sebaiknya minta saran lebih dahulu pada pasangan. Dengan minta saran, pasangan akan merasa lebih dihargai. Dan, akan menjauhkan diri dari salah langkah.

 

    Lebih baik pura-pura tidak tahu dan bertanya, daripada merasa serba tahu, tapi akhirnya berbuat kesalahan. Minta saran, bukan berarti mengakui kebodohan diri. Dengan minta saran lebih dahulu, niscaya kesalahan langkah nantinya akan jadi tanggung jawab bersama. Sikap sok tahu, sok pintar dan merasa diri selalu benar, hendaklah dijauhi dalam keluarga.

 

    Pergaulan suami istri tak selamanya dalam keadaan damai. Kalau pertengkaran telah berkembang menjadi perang dingin hingga tidak bertegur sapa bahkan pisah ranjang, jangan biarkan berlarut-larut. Sudah saatnya menghadap seseorang untuk minta saran. Carilah orang yang cukup bijaksana sebagai tempat cur-hat. Bertanyalah, bagaimana seharusnya bersikap dalam kondisi demikian. Dengan minta saran, dapat dihindarkan tindakan yang kurang wajar. Ingatlah, bertindak emosional dalam menyikapi tingkah pasangan yang menjegkelkan hati hanya akan memperkeruh suasana.

 

 

 

26. SAPU

 

 

    Kebersihan rumah akan menunjang keharmonisan rumah tangga. Rumah yang bersih membuat suasana jadi nyaman, tentram dan indah.  Sebagai penanggung jawab kebersihan rumah, istri hendaklah rajin memegang sapu. Peganglah sapu dengan senang hati agar suasana rumah lebih indah dan menyenangkan hati.

 

     Sapu adalah benda yang ringan, sama ringannya dengan tugas menyapu. Kalau rumah sering disapu, pikiran akan lebih terang sehingga konsentrasi pada pekerjaan lebih mantap. Suamipun akan lebih betah di rumah. Kesehatan keluargapun akan lebih terjaga. Biarlah rumah tak terlalu bagus, asalkan cukup nyaman dan bersih.

 

    Kebersihan adalah sebahagian dari iman. Bersihnya rumah membuat pikiran lebih segar dan jernih. Jiwapun akan lebih lembut sehingga tak mudah terpancing untuk marah-marahan. Bersih itu indah, tak ada keindahan tanpa kebersihan. Bersih itu sehat, kesehatan akan terancam kalau suasana rumah kurang bersih.  Rajinlah memegang sapu agar suasana dalam keluarga lebih mesra dan menyenangkan. Kondisi rumah yang kurang bersih akan mengesankan kurang bersihnya jiwa si penghuni. Dan menjelaskan bahwa si penghuni adalah orang pemalas.

 

 

 

 

27. SUNGGUH

 

 

 

   Hidup berumah tangga hendaklah dihadapi dengan penuh kesungguhan. Dan melaksanakan tugas rumah tangga dengan sungguh-sungguh. Maksudnya, melaksanakan pekerjaan dengan serius, penuh perhatian dan penuh tanggung jawab. Bekerja dengan penuh konsentrasi dan hati-hati

 

      Walau agak membosankan, tetaplah sungguh-sungguh dalam melaksanakan pekerjaan rumah tangga. Kesungguhan akan membuat hasil kerja jadi lebih memuaskan. Laksanakan dengan sepenuh hati, jangan dengan setengah hati. Hadapi dengan senang hati tanpa ada perasaan terpaksa. Kalau dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, niscaya pekerjaan akan terasa lebih ringan. Menghadapi tugas-tugas dengan hati berat hanya akan menyebabkan kebahagiaan jadi menjauh.

 

Melayani pasangan hendaklah dengan sungguh-sungguh. Baik itu pelayanan dalam urusan perut atau urusan di bawahnya. Layanilah dengan menampakkan wajah tulus dan bergairah sehingga dia merasa puas dan senangi. Jangan layani pasangan dengan rasa enggan atau muka masam. Hadapilah segala tugas dengan senang hati, niscaya hari-hari akan terasa menyenangkan.

 

 

 

 

28. SUSUN

 

 

 

       Susun menyusun adalah bahagian dari kegiatan yang lazim dilakukan ibu rumah tangga. Mulai dari menyusun baju, menyusun piring atau menyusun perabotan rumah tangga. Dengan disusun, segala sesuatu akan lebih rapi dan enak dipandang.

 

      Ada hal lain yang juga penting untuk disusun ibu rumah tangga, yaitu jadwal kegiatan sehari-hari alias agenda. Agenda harian yang tertata dengan baik akan membuat penggunaan waktu jadi lebih effisien sehingga hidup jadi lebih teratur.

 

     Susunlah jadwal kegiatan sehari-hari dan ikutilah jadwal itu dengan konsisten. Agar mudah diingat, agenda harian itu sebaiknya ditulis di kertas dan digantung di dinding. Dengan adanya susunan tugas sehari-hari, dapat dihindarkan pelaksanaan tugas yang terburu-buru atau terlupa. Dengan demikian, kemungkinan timbulnya masalah keluarga dapat dikurangi.

 

       Agenda harian yang dituruti, akan menjauhkan diri dari kebiasaan membuang-buang waktu atau bermalas-malasan. Membuat jiwa lebih tentram karena pikiran lebih terarah. Takkan ada lagi kepanikan lantaran dikejar waktu. Sekalipun sepele, jadwal kerja sangat bermanfaat,  terutama bagi istri yang punya kegiatan di luar rumah.

 

 

 

29. SUGESTI

 

 

   Apa yang terlintas di pikiran akan mempengaruhi kebahagiaan. Kita akan bahagia kalau pikiran mengganggap diri kita sudah kaya dan sudah bahagia. Sebaliknya, kita memang akan jadi tidak bahagia kalau di pikiran sudah tertanam rasa tidak bahagia itu.

 

    Pikiran perlu sugesti, yaitu menanamkan anggapan positif pada pikiran dan hati. Yakinkan diri bahwa keluarga kita adalah keluarga sakinah yang bahagia dan harmonis. Pasangan hidup kita adalah orang yang terbaik, yang cukup gagah, cukup cantik, cukup seksi, cukup pintar dan sifat baik lainnya.

 

    Jangan biarkan pikiran negatif yang terkait dengan keluarga bersarang di pikiran. Kalau terlintas anggapan negatif, cepat ganti dengan anggapan positif. Jangan biarkan pikiran mengarahkan kondisi keluarga ke arah yang tidak baik. Biarlah keadaan ekonomi tidak sekaya tetangga, namun tanamkan sugesti pada pikiran bahwa keluarga kita cukup kaya dan lebih bahagia.

 

      Lakukan sugesti, bahwa pasangan kita adalah sosok yang paling tepat dan paling baik bagi diri kita. Apapun kekurangan yang terdapat pada diri pasangan, ataupun pada diri sendiri, jangan menimbulkan perasaan tak nyaman. Dan jangan sampai menutup kesempatan untuk jadi bahagia.

 

 

 

30. STOP

 

 

 Utamakanlah keutuhan keluarga dari pada memperturutkan kehendak nafsu. Untuk itu, ucapkan kata stop bagi hal-hal yang tidak pantas. Setiap istri atau suami tentu sudah tahu apa yang tidak boleh dan tidak etis dilakukan oleh orang yang sudah berkeluarga. Tanamkanlah kata ‘stop’ dalam hati dan berhentilah melakukan hal-hal yang tercela atau terlarang. Hindarkan perbuatan yang sumbang agar bahtera rumah-tangga tidak tumbang.

 

    Ada banyak jenis kegiatan yang tidak pantas lagi dilakukan oleh orang yang sudah berkeluarga. Berjanjilah pada diri sendiri untuk men-stop kebiasaan yang tak disukai oleh pasangan ataupun yang tak pantas. Terutama segala perbuatan yang tercela, terlarang ataupun yang haram. Camkan dalam hati dengan tegas bahwa takkan lagi melakukannya. Tak kecuali kalau yang distop itu adalah kegiatan yang menyenangkan dan menguntungkan.

 

       Cobalah introspeksi diri, mungkin saja ada sifat, sikap atau kebiasaan yang menimbulkan rasa jengkel pasangannya. Berjanjilah pada diri sendiri untuk tak lagi melakukannya. Mantapkan hati untuk berkata ‘stop’ sekalipun dia tidak melarangnya, demi menjaga agar rasa sayangnya tidak makin berkurang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Untuk bunda dan anda  yang ingin memesan makanan khas Minang

seperti Rendang, Gulai Itik Hijau, Dendeng dll. anda bisa pesan disini.

Silahkan hubungi kami lewat WhatApp dengan nomer

085271200055,

Kami akan mengirimkan pesanan anda ke alamat anda.

Dapur kami ada di kota Jakarta dan juga Bukittinggi dll. 

 

 Bunda dan kakak akan mendapatkan kuliner Padang yang Sedap di lidah  untuk di hidangkan pada suami dan keluarga tercinta. Semoga dengan menghidangkan masakan yang  sedap niscaya rumahtangga akan makin Bahagia, Mesra dan Harmonis.